Belajar Memahami Topologi Jaringan Komputer

Posted by Unknown On Sunday 14 October 2012 4 komentar

Topologi Jaringan Komputer yaitu layout fisik suatu jaringan. Topologi sebuah jaringan akan menggambarkan jaringan yang sebenar-benarnya. Ibarat kita mensetup sebuah kertas, ada rata kanan rata kiri dan rata bawah dan atas. 

Jadi, dengan kita melihat gambar topologinya saja, kita sudah bisa memahami alur kerangka dari jaringan tersebut. Jadi bisa di sebut miniaturnya.

Sebagai contoh topologi  yang paling populer yaitu topologi star atau topologi bintang.

A. Topologi Star

Topologi star adalah topologi yang menggunakan switch atau hub, semua komputer terhubung dengan hub.Topologi ini sangat sering digunakan atau di implementasikan dalam jaringan.

topologi star adalah
Ada keuntungannya menggunakan topologi star ini yaitu jika salah satu komputer bermasalah tidak akan mengganggu komputer yang lain (dengan syarat dipastikan bukan server yang bermasalah). Selain itu untuk penambahan komputer mudak di manage.

B. Topologi Bus

Topologi jaringan bus banyak digunakan di awal perkembangan jaringan komputer karena relatif sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya. Kabel yang digunakan adalah kabel koaksial dengan jarak jangkauan maksimum 185 meter.
topologi bus

Sinyal yang dikirimkan oleh sebuah komputer akan dikirim ke seluruh jaringan dari ujung satu sampai ujung lainnya. Sinyal ini akan terus menerus bergerak tanpa bisa dihentikan (di-interrupt). Artinya jika sinyal sudah sampai di ujung jaringan, maka dia akan berbalik arah, sehingga akan mencegah komputer lain untuk bisa mengirim data. 

Ingat, agar data bisa dikirim, maka jaringan bus harus bebas dari sinyal-sinyal. Untuk mengatasinya, diperlukan alat yang disebut terminator. Terminator diletakkan di ujung-ujung kabel yang menghubungkan komputer-komputer tersebut. Terminator akan menghentikan sinyal yang berbalik dan menyerap sinyal bebas sehingga membersihkan kabel tersebut dari sinyal-sinyal bebas agar komputer lain bisa mengirim data.


Semoga artikel Belajar Memahami Topologi Jaringan Komputer bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 4 komentar

20 October 2012 at 18:22

besok rikues topologi ring karo mesh ben lengkap

Terimakasih anotherorion atas Komentarnya di Belajar Memahami Topologi Jaringan Komputer
22 October 2012 at 14:12

ok dah siap

30 January 2013 at 13:56

artikel'a sngat mmbantu tuk orang yg sdang blajar..
smoga sukses trus ya gan.. :)

Terimakasih Toko komputer atas Komentarnya di Belajar Memahami Topologi Jaringan Komputer
24 February 2018 at 11:18

Terimakasih Info, semoga bermanfaat..
salam...
info

Post a Comment

Translate

Artikel Yang Banyak Dicari